Dalam komunikasi pemasaran diperlukan suatu pendekatan
yang mudah dan fleksibel yang terdapat pada bauran pemasaran (marketing mix).
Bauran pemasaran adalah strategi produk, promosi, dan penentuan harga yang
bersifat unik serta dirancang untuk menghasilkan pertukaran yang saling
menguntungkan dengan pasar yang dituju. Namun kini hal tersebut semakin
berkembang tidak hanya dalam hal product, promotion, dan price.
Namun juga mengenai place, people, process, dan physical
evidence. Saya kurang paham siapa yang duluan menegemukakan konsep 7P ni, tapi
yang jelas, sangat berguna bagi penerapan konsep ini dalam komunikasi
pemasaran. Dalam komunikasi pemasaran ada beberapa elemen yang dipadukan yang
terwujud dalam bauran komunikasi pemasaran terpadu, yaitu bauran pemasaran
(marketing mix), lalu bauran promosi (promotion mix) yang sebenarnya adalah
bagian dari marketing mix, namun kini lebih spesifik.
Dan ada pula strategi-strategi komunikasi pemasaran
tertentu, seperti strategi segmenting, targeting, pricing,dan positioning,
dalam bauran pemasaran. Semua itu kembali pada kondisi perusahaan jasa yang
melaksanakannya. Dalam marketing mix perusahaan jasa khususnya, ada unsur-unsur
atau elemen yang menjadi dasar pertimbangan pengambilan keputusan dalam
pembuatan strategi komunikasi pemasaran, yaitu 4P ditambah 3P : product, price,
place, promotion, people, process, dan physical evidence.
a)
Product
(The Services)
Produk jasa merupakan produk yang
dapat memberikan manfaat, memenuhi kebutuhan konsumen, dan dapat memuaskan
konsumen. Sesungguhnya pelanggan tidak membeli barang atau jasa, tetapi membeli
manfaat dari sesuatu yang ditawarkan. Pengertian yang ditawarkan menunjukkan
sejumlah manfaat yang didapat oleh konsumen, baik barang atau jasa maupun kombinasinya.
b)
Price
Penetapan harga merupakan suatu hal
penting . Perusahaan akan melakukan hal ini dengan penuh pertimbangan karena
penetapan harga akan dapat mempengaruhi pendapatan total dan biaya. Harga
merupakan faktor utama penentu posisi dan harus diputuskan sesuai dengan pasar
sasaran, bauran ragam produk, dan pelayanan, serta persaingan.
c)
Place
Tempat atau lokasi yang strategis
akan menjadi salah satu keuntungan bagi perusahaan karena mudah terjangkau oleh
konsumen, namun sekaligus juga menjadikan biaya rental atau investasi tempat
menjadi semakin mahal. Tingginya biaya lokasi tersebut dapat terkompensasi
dengan reducing biaya marketing, sebaliknya lokasi yang kurang strategis akan
membutuhkan biaya marketing lebih mahal untuk menarik konsumen agar berkunjung.
Dekorasi dan desain sering menjadi daya tarik tersendiri bagi para target
konsumen. Kondisi bangunan juga menjadi persyaratan yang memberikan kenyamanan.
d)
Promotion
Promosi
merupakan suatu aktivitas dan materi yang dalam aplikasinya menggunakan teknik,
dibawah pengendalian penjual/produsen, yang dapat mengkomunikasikan informasi
persuasif yang menarik tentang produk yang ditawarkan oleh penjual/produsen,
baik secara langsung maupun melalui pihak yang dapat mempengaruhi pembelian.
Tujuan
kegiatan promosi antara lain :
·
Mengidentifikasi dan menarik konsumen baru.
·
Mengkomunikasikan produk baru.
·
Meningkatkan jumlah konsumen untuk produk
yang telah dikenal secara luas.
·
Menginformasikan kepada konsumen tentang
peningkatan kualitas produk.
·
Mengajak konsumen untuk mendatangi tempat
penjualan produk.
·
Memotivasi konsumen agar memilih atau membeli
suatu produk.
e)
People
People merupakan aset utama dalam
industri jasa, terlebih lagi people yang merupakan karyawan dengan performance
tinggi. Kebutuhan konsumen terhadap karyawan berkinerja tinggi akan menyebabkan
konsumen puas dan loyal. Kemampuan knowledge (pengetahuan) yang baik, akan
menjadi kompetensi dasar dalam internal perusahaan dan pencitraan yang baik di
luar.
Faktor penting lainnnya dalam people
adalah attitude dan motivation dari karyawan dalam industri jasa. Moment of
truth akan terjadi pada saat terjadi kontak antara karyawan dan konsumen.
Attitude sangat penting, dapat diaplikasikan dalam berbagai bentuk, seperti
penampilan karyawan, suara dalam bicara, body language, ekspresi wajah, dan
tutur kata. Sedangkan motivasi karyawan diperlukan untuk mewujudkan penyampaian
pesan dan jasa yang ditawarkan pada level yang diekspetasikan.
f)
Process
Process, mutu layanan jasa sangat
bergantung pada proses penyampaian jasa kepada konsumen. Mengingat bahwa
penggerak perusahaan jasa adalah karyawan itu sendiri, maka untuk menjamin mutu
layanan (quality assurance), seluruh operasional perusahaan harus dijalankan
sesuai dengan sistem dan prosedur yang terstandarisasi oleh karyawan yang
berkompetensi, berkomitmen, dan loyal terhadap perusahaan tempatnya bekerja.
g)
Physical
Evidence
Building merupakan bagian dari bukti
fisik, karakteristik yang menjadi persyaratan yang bernilai tambah bagi
konsumen dalai perusahaan jasa yang memiliki karakter . Perhatian terhadap
interior, perlengkapan bangunan, termasuk lightning system, dan tata ruang yang
lapang menjadi perhatian penting dan dapat mempengaruhi mood pengunjung. Bangunan harus dapat menciptakan suasana
dengan memperhatikan ambience sehingga memberikan pengalaman kepada pengunjung
dan dapat membrikan nilai tambah bagi pengunjung, khususnya menjadi syarat
utama perusahaan jasa dengan kelas market khusus.
0 comments:
Post a Comment
Selamat datang di blog saya
Jangan lupa untuk meninggalkan komentar anda ya sobat.
Sangat diharapkan menggunakan kata yang sopan
dan tidak mengandung unsur pornografi maupun SARA.
Terima kasih atas pengertiannya..